Sabtu, 31 Oktober 2015

JANGAN MENGABAIKAN YANG KECIL

Kecil memang dipandang sepele dan dianggap tidak berguna dalam kehidupan manusia. Padahal semua diawali dari yang kecil sebelum yang besar ada. Namun sifat manusia sering lupa dan menganggap yang kecil itu remeh dan tak berguna. Dia hanya dianggap pelengkap penderita dari kehidupan yang besar. Keberadaannya selalu dianggap remeh dan beban penghambat roda lajunya kehidupan. Padahal semua itu dicipta Allah agar terjadi keseimbangan. Tanpa yang kecil tidak ada artinya yang besar.

Paku itu kecil tapi perannya sangat besar dalam membangun rumah. Jika paku diabaikan maka rumah tidak akan berdiri, dengan kokoh dan rapi. Tanpa paku maka kita susah untuk menyatukan reng usuk dll.
Begitu juga dalam kehidupan bermasyarakat kalau yang dipandang hanya manusia – manusia besar dan mengabaikan yang kecil maka akan terjadi ketidak seimbangan yang mengakibatkan berbagai macam problem dan gejolak dalam masyarakat.
Yang perlu diperhatikan adalah saling membutuhkan dan mampu menempatkan diri pada posisinya masing – masing. Mengerti hak dan kewajiban jangan saling membanggakan dan paling penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar